MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM
PADA KOMPETENSI DASAR MENGENAL RASUL – RASUL
ALLAH S.W.T DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1
KALIWUNGU KECAMATAN KALIREJO
KABUBATEN LAMPUNG TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
SKRIPSI
OLEH :
ILYAS ROZAK HANAFI
NPM : 10250440
PROGRAM
STUDI : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT)
AGUS SALIM METRO LAMPUNG
1434 H/2013 M
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Deskripsi Hasil
Penelitian
Prosedur Tiap Siklus
Perbaikan pembelajaran dilakukan melalui
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua (II) siklus. Dalam
setiap siklus, kegiatan yang dilakukan meliputi :
· Refleksi.
· Pelaksanaan
Perbaikan Pembelajaran.
· Tindakan
Perbaikan.
· Refleksi.
1.
Siklus I
a.
Rencana
Kegiatan yang
dilakukan pada tahap perencanaan pada siklus I antara lain :
1)
Membuat rencana perbaikan pembelajaran I dengan
Pokok bahasan Rasul Allah.
2)
Menyiapkan media pembelajaran, berupa buku
pegangan.
3)
Menyiapkan lembar observasi siswa.
4)
Menyiapkan alat evaluasi.
5)
Menyiapkan (Alat Penilaian Kemampuan Guru) APKG
1 dan (Alat Penilaian Kemampuan Guru) APKG 2.
b.
Pelaksanaan
Kegiatan
pembelajaran siklus pertama dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Januari 2013
dengan Pokok bahasan Rasul Allah..
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini antara
lain :
1)
Apersepsi dengan tanya jawab tentang materi Rasul
Allah.
2)
Memotivasi siswa agar aktif mengikuti
pelajaran.
3)
Memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan
hal yang belum jelas yang berhubungan dengan materi yang dijelaskan.
4)
Melakukan observasi terhadap aktivitas siswa.
5)
Melakukan evaluasi terhadap hasil belajar
siswa.
c.
Pengamatan/Pengumpulan Data
Pada tahap ini
dilaksanakan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan atau observasi
terhadap pelaksanaan perbaikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan
instrumen sebagai berikut :
1)
Manusia pilihan Allah yang diberi wahyu untuk
dirinya sendiri disebut ?
2)
Manusia pilihan Allah yang diberi wahyu untuk
disampaikan kepada umat - Nya disebut ?
3)
Jumlah Rasul Ulul Azmi sebanyak ?
4)
Sebutkan keistimewaan Rasul Ulul Azmi ?
5)
Nabi Ibrahim mendapatkan hukuman dari Raja
Namruz berupa ?
d.
Refleksi
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap
proses pembelajaran pada siklus pertama yang dilaksanakan Kamis, 10 Januari
2013, bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus pertama belum terjadi
peningkatan hasil belajar yang maksimal. Nilai siswa masih di bawah nilai rata -
rata. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu menggunakan metode yang
berbeda, yaitu menggunakan metode PAKEM.
2.
Siklus II
a.
Rencana
Kegiatan yang
dilaksanakan pada siklus II antara lain :
1)
Membuat rencana perbaikan pembelajaran II
dengan pokok bahasan Rasul Ulul Azmi, Nabi dan Rasul.
2)
Menggunakan metode PAKEM.
3)
Menyiapkan alat evaluasi.
4)
Menyiapkan lembar observasi siswa.
5)
Menyiapkan (Alat Penilaian Kemampuan Guru) APKG
1 dan (Alat Penilaian Kemampuan Guru) APKG 2.
b.
Pelaksanaan
Kegiatan
pembelajaran dilaksanakan pada Kamis, 24 Januari 2013 dengan pokok bahasan Rasul
Ulul Azmi, Nabi dan Rasul dengan menggunakan metode PAKEM. Kegiatan yang
dilakukan pada tahap ini adalah :
1)
Guru mengkondisikan kelas.
· Membaca doa
bersama sebelum belajar.
· Mengabsen
siswa.
·
Mengemukakan tujuan pembelajaran “Menyebutkan
nama - nama rasul Allah swt”.
·
Apersepsi : Melontarkan pertanyaan kepada
siswa, ”Siapa yang pernah mendengar atau hafal nama - nama Nabi dan Rasul ?”.
·
Menstimulasi siswa dengan mengajak siswa
menyanyikan lagu “Rukun Islam”.
2)
Bagian pertama
·
Menjelaskan pengertian beriman kepada Nabi dan
Rasul.
· Meminta siswa (acak)
untuk menginventarisir Nabi dan Rasul di papan tulis.
· Guru
menyebutkan empat (4) sifat wajib bagi Rasul.
· Guru menawarkan
kepada siswa untuk menyebutkan pengertian masing - masing sifat wajib bagi
Rasul.
· Siswa
menginventarisir empat (4) sifat wajib bagi Rasul di buku catatan.
·
Guru menstimulasi siswa dengan menyanyikan lagu
25 Nabi.
3)
Bagian kedua
·
Guru meminta salah satu siswa untuk menyebutkan
pengertian Rasul Ulul Azmi dan siswa lain menyimak penuturan siswa.
·
Meminta pendapat kepada siswa tentang ciri - ciri
Rasul Ulul Azmi sesuai buku panduan.
·
Menjelaskan secara ringkas biografi kelima
Rasul Ulul Azmi.
·
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya dan menjawab pertanyaan guru atau pertanyaan dari siswa lain.
4)
Menyimpulkan pelajaran
·
Memberitahukan pelajaran yang akan datang.
·
Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan
membaca hamdalah/doa.
5) Guru melakukan
observasi terhadap aktifitas siswa.
6) Melakukan
evaluasi terhadap hasil belajar siswa
c.
Pengamatan / Pengumpulan Data
Pada tahap ini dilaksanakan pengamatan atau
observasi terhadap pelaksanaan perbaikan pembelajaran PAI tentang Rasul Ulul
Azmi, Nabi dan Rasul dengan instrumen sebagai berikut :
1) Apakah arti
iman kepada rasul Allah ?
2) Sebutkan lima
nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi ?
3) Apakah tugas
rasul ?
4) Sebutkan perbedaan
antara nabi dan rasul ?
5) Jelaskan sifat
wajib yang dimiliki rasul ?
d.
Refleksi
Berdasarkan hasil
pengamatan terhadap proses pembelajaran pada siklus kedua yang dilaksanakan Kamis,
24 Januari 2013, bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus kedua sudah terjadi
peningkatan hasil belajar yang maksimal. Ini dibuktikan dengan hasil belajar
siswa yang sudah mencapai 70 ke atas sudah 31 siswa ( 91%).
Daftar Nama –
Nama Siswa/i Kelas V SDN 1 Kaliwungu
Tabel 5
Daftar Siswa
Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
NO
|
Nama Siswa
|
L/P
|
1.
|
Adi Alifianto
|
L
|
2.
|
Aldi
Kurniawan
|
L
|
3.
|
Alfian
Pratama
|
L
|
4.
|
Anggun
Wulandari
|
P
|
5.
|
Arya Yuda
Pratama
|
L
|
6.
|
Blasius
Bogianto
|
L
|
7.
|
Daffa
Kurniawan
|
L
|
8.
|
Dwi
Kurniawati
|
P
|
9.
|
Eni Maryati
|
P
|
10.
|
Hana Saji
Dahlia
|
P
|
11.
|
Hazizah
Kislia Ulfaya
|
P
|
12.
|
Imam Baihaqim
Syah
|
L
|
13.
|
Isma Nurul
Afifah
|
P
|
14.
|
Julianto
|
L
|
15.
|
Laeli
AhyuniWulandari
|
P
|
16.
|
Laras Adik
Nastiti
|
P
|
17.
|
M. Alfito
Dinova
|
L
|
18.
|
M. andi
Nurkholis Mazid
|
L
|
19.
|
M. Irvan
Islami
|
L
|
20.
|
Marcelinus
Dwi C. G. S
|
L
|
21.
|
Muhammad
Irfan
|
L
|
22.
|
Nada Yuliati
|
P
|
23.
|
Nanda Trisula
Ardani
|
L
|
24.
|
Rizal
Setiawan
|
L
|
25.
|
Rizal Susanto
|
L
|
26.
|
Rosa Okta
Viola
|
P
|
27.
|
Sidik Purnomo
|
L
|
28.
|
Suwarti
Wahyuningsih
|
P
|
29.
|
Vina Agustin
|
P
|
30.
|
Wahyudi
|
L
|
31.
|
Yoga Putra
|
L
|
32.
|
Yuva Monika
Sari
|
P
|
33.
|
Renita Amelia
|
P
|
B.
Pembahasan
Siklus I
a.
Rencana
Pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran
dilaksanakan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kaliwungu, pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri atas 20
siswa laki - laki dan 13 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian perbaikan
pembelajaran dilaksanakan dari tanggal 10 Januari 2013 sampai dengan tanggal 31
Januari 2013 dengan waktu perbaikan jam pelajaran ( 3 x 35 menit ) setiap
siklus.
Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 10 Januari
2013 yang bertempat di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kaliwungu, dengan jumlah
siswa 33 orang yang terdiri atas 20 siswa laki - laki dan 13 siswa perempuan.
Mata pelajaran yang peneliti berikan adalah Pendidikan Agama Islam (PAI),
dengan materi pokok Beriman Kepada Rasul Allah.
b.
Pelaksanaan
Pelaksanaan siklus I dilaksanakan pada tanggal 10
Januari 2013 yang bertempat di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kaliwungu, dengan
jumlah siswa 33 orang yang terdiri atas 20 siswa laki - laki dan 13 siswa
perempuan. Mata pelajaran yang peneliti berikan adalah Pendidikan Agama Islam
(PAI), dengan materi pokok Beriman Kepada Rasul Allah.
Kegiatan yang
dilakukan pada tahap ini antara lain :
1.
Apersepsi dengan tanya jawab tentang materi Rasul
Allah.
2.
Memotivasi siswa agar aktif mengikuti
pelajaran.
3.
Memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan
hal yang belum jelas yang berhubungan dengan materi yang dijelaskan.
4.
Melakukan observasi terhadap aktivitas siswa.
5.
Melakukan evaluasi terhadap hasil belajar
siswa.
c.
Pengamatan/Pengumpulan Data
Pada tahap ini dilaksanakan pengamatan atau
observasi terhadap pelaksanaan perbaikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI), dengan instrumen sebagai berikut :
1.
Manusia pilihan Allah SWT yang diberi wahyu untuk
dirinya sendiri disebut ?
2.
Manusia pilihan Allah yang diberi wahyu untuk
disampaikan kepada umat- Nya disebut ?
3.
Jumlah Rasul Ulul Azmi sebanyak ?
4.
Sebutkan keistimewaan Rasul Ulul Azmi ?
5.
Nabi Ibrahim mendapatkan hukuman dari Raja
Namruz berupa ?
Tabel 6
Nilai Siswa
Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Pada Perbaikan Pembelajaran
Siklus I
NO
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai Siklus
I
|
Keterangan
|
1.
|
Adi Alifianto
|
L
|
70
|
Tuntas
|
2.
|
Aldi
Kurniawan
|
L
|
50
|
Belum
|
3.
|
Alfian
Pratama
|
L
|
60
|
Belum
|
4.
|
Anggun
Wulandari
|
P
|
70
|
Tuntas
|
5.
|
Arya Yuda
Pratama
|
L
|
70
|
Tuntas
|
6.
|
Blasius
Bogianto
|
L
|
70
|
Tuntas
|
7.
|
Daffa
Kurniawan
|
L
|
70
|
Tuntas
|
8.
|
Dwi
Kurniawati
|
P
|
70
|
Tuntas
|
9.
|
Eni Maryati
|
P
|
70
|
Tuntas
|
10.
|
Hana Saji
Dahlia
|
P
|
70
|
Tuntas
|
11.
|
Hazizah
Kislia Ulfaya
|
P
|
70
|
Tuntas
|
12.
|
Imam Baihaqim
Syah
|
L
|
70
|
Tuntas
|
13.
|
Isma Nurul
Afifah
|
P
|
60
|
Belum
|
14.
|
Julianto
|
L
|
70
|
Tuntas
|
15.
|
Laeli
AhyuniWulandari
|
P
|
70
|
Tuntas
|
16.
|
Laras Adik
Nastiti
|
P
|
60
|
Belum
|
17.
|
M. Alfito
Dinova
|
L
|
60
|
Belum
|
18.
|
M. andi
Nurkholis Mazid
|
L
|
50
|
Belum
|
19.
|
M. Irvan
Islami
|
L
|
70
|
Tuntas
|
20.
|
Marcelinus
Dwi C. G. S
|
L
|
70
|
Tuntas
|
21.
|
Muhammad
Irfan
|
L
|
60
|
Belum
|
22.
|
Nada Yuliati
|
P
|
70
|
Tuntas
|
23.
|
Nanda Trisula
Ardani
|
L
|
70
|
Tuntas
|
24.
|
Rizal Setiawan
|
L
|
60
|
Belum
|
25.
|
Rizal Susanto
|
L
|
60
|
Belum
|
26.
|
Rosa Okta
Viola
|
P
|
70
|
Tuntas
|
27.
|
Sidik Purnomo
|
L
|
70
|
Tuntas
|
28.
|
Suwarti
Wahyuningsih
|
P
|
70
|
Tuntas
|
29.
|
Vina Agustin
|
P
|
60
|
Belum
|
30.
|
Wahyudi
|
L
|
60
|
Belum
|
31.
|
Yoga Putra
|
L
|
70
|
Tuntas
|
32.
|
Yuva Monika
Sari
|
P
|
70
|
Tuntas
|
33.
|
Renita Amelia
|
P
|
70
|
Tuntas
|
Jumlah
|
2180
|
|||
Rata - rata
kelas
|
66
|
Rumus
Perhitungan Rata – Rata :
Rata
– Rata = Jumlah Seluruh Data ÷ Banyak Data
Tabel 7
Aktifitas
Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dengan Materi
Pokok Beriman Kepada Rasul Allah
No
|
Keterlibatan
Siswa dalam Pembelajaran
|
Siklus I
|
|
Jumlah Siswa
|
Keterangan
(%)
|
||
1.
2.
3.
|
Terlibat Aktif
Terlibat Pasif
Tidak Terlibat
|
20
11
2
|
69
22
9
|
Jumlah
|
33
|
100
|
Rumus Aktifitas Belajar Murid
Keterangan (%) = 100 % ÷ (Jumlah Siswa)
Keterangan :
1.
Terlibat aktif artinya siswa memperhatikan
dengan sungguh - sungguh, aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dengan benar.
2.
Terlibat pasif artinya siswa memperhatikan
sungguh - sungguh, tidak bertanya dan menjawab pertanyaan seadanya.
3.
Tidak terlibat artinya siswa duduk diam saja,
tidak mau bertanya maupun menjawab pertanyaan.
Diagram 1
Aktifitas
Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dengan Materi
Pokok Beriman Kepada Rasul Allah
Siklus I
Tabel 8
Ketuntasan
Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dalam
Pembelajaran PAI
Keterangan
|
Siklus Pembelajaran
|
|
Pra Siklus
|
Siklus I
|
|
Nilai Rata – Rata
|
50
|
66
|
% Ketuntasan Siswa
|
30
|
69
|
Diagram 2
Ketuntasan
Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
d.
Refleksi
Berdasarkan
hasil pengamatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sebelum pembelajaran
jumlah yang memperoleh nilai di atas 70 hanya 10 0rang atau 30%. Setelah
diadakan perbaikan pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai 70 mencapai 23
siswa atau 69%. Namun demikian belum mencapai target yang diinginkan. Hasil
belajar siswa kurang memuaskan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu
menggunakan metode yang berbeda, yaitu menggunakan metode PAKEM.
e.
Hasil
Berdasarkan
hasil perbaikan pembelajaran I atau pada siklus I dengan upaya yang
dilakukan adalah menggunakan metode tanya jawab, ternyata hasilnya bisa
meningkat. Dari jumlah 33 siswa, yang mendapat nilai 70 ke atas sudah 23 orang
atau 69% dengan nilai rata - rata kelas 66 dan keaktifan belajar siswa
meningkat menjadi 69%.
Sedangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap
hasil perbaikan siklus I dengan menggunakan metode tanya jawab, ternyata masih
ada beberapa siswa yang mendapat nilai di bawah 70. Dari jumlah keseluruhan 33
siswa dalam perbaikan siklus I masih ada 5 siswa yang nilainya di bawah 70. Ini
berarti pembelajaran belum dikatakan berhasil atau dengan kata lain masih
mengalami kegagalan.
Siklus II
a. Rencana
Kegiatan yang
dilaksanakan pada siklus II antara lain :
1.
Membuat rencana perbaikan pembelajaran II
dengan pokok bahasan Rasul Ulul Azmi, Nabi dan Rasul.
2.
Menggunakan Metode PAKEM.
3.
Menyiapkan alat evaluasi.
4.
Menyiapkan lembar observasi siswa.
5.
Menyiapkan (Alat Penilaian Kemampuan Guru) APKG
1 dan (Alat Penilaian Kemampuan Guru) APKG 2.
b.
Pelaksanaan
Kegiatan
pembelajaran dilaksanakan pada Kamis, tanggal 24 Januari 2013 dengan pokok
bahasan Rasul Ulul Azmi, Nabi dan Rasul dengan menggunakan metode PAKEM.
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah :
1.
Guru mengkondisikan kelas
· Membaca doa
bersama sebelum belajar.
· Mengabsen siswa.
· Mengemukakan
tujuan pembelajaran “Menyebutkan nama - nama rasul Allah SWT”.
· Apersepsi : melontarkan
pertanyaan kepada siswa, ”Siapa yang pernah mendengar atau hafal nama - nama
Nabi dan Rasul?”.
· Menstimulasi
siswa dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Rukun Islam”.
2.
Bagian pertama
· Menjelaskan
pengertian beriman kepada Nabi dan Rasul.
· Meminta siswa (acak)
untuk menginventarisir perbedaan Nabi dan Rasul di papan tulis.
· Guru
menyebutkan empat (4) sifat wajib bagi Rasul.
· Guru menawarkan
kepada siswa untuk menyebutkan pengertian masing - masing sifat wajib bagi
Rasul.
· Siswa
menginventarisir empat (4) sifat wajib bagi Rasul di buku catatan.
· Guru
menstimulasi siswa dengan menyanyikan lagu 25 Nabi.
3.
Bagian kedua
· Guru meminta
salah satu siswa untuk menyebutkan pengertian Rasul Ulul Azmi dan siswa lain
menyimak penuturan siswa.
· Meminta
pendapat kepada siswa tentang ciri - ciri Rasul Ulul Azmi sesuai buku panduan.
· Menjelaskan
secara ringkas biografi kelima Rasul Ulul Azmi.
· Memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan guru atau pertanyaan dari
siswa lain.
4.
Menyimpulkan pelajaran
· Memberitahukan
pelajaran yang akan datang.
· Guru menutup,
mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah/doa.
5.
Guru melakukan observasi terhadap aktifitas
siswa.
6.
Melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa.
c. Pengamatan/Pengumpulan
Data
Pada
tahap ini dilaksanakan pengamatan atau observasi terhadap pelaksanaan perbaikan
pembelajaran PAI tentang Rasul Ulul Azmi, Nabi dan Rasul dengan instrumen
sebagai berikut :
1. Apakah arti
iman kepada rasul Allah ?
2. Sebutkan lima
nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi ?
3. Apakah tugas
rasul ?
4. Sebutkan perbedaan
antara nabi dan rasul ?
5. Jelaskan sifat
wajib yang dimiliki rasul ?
Tabel 9
Nilai Siswa
Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Pada Perbaikan
Pembelajaran
Siklus II
NO
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai Siklus
II
|
Keterangan
|
1.
|
Adi Alifianto
|
L
|
90
|
Tuntas
|
2.
|
Aldi
Kurniawan
|
L
|
80
|
Tuntas
|
3.
|
Alfian
Pratama
|
L
|
90
|
Tuntas
|
4.
|
Anggun
Wulandari
|
P
|
80
|
Tuntas
|
5.
|
Arya Yuda
Pratama
|
L
|
80
|
Tuntas
|
6.
|
Blasius
Bogianto
|
L
|
70
|
Tuntas
|
7.
|
Daffa
Kurniawan
|
L
|
70
|
Tuntas
|
8.
|
Dwi
Kurniawati
|
P
|
70
|
Tuntas
|
9.
|
Eni Maryati
|
P
|
70
|
Tuntas
|
10.
|
Hana Saji
Dahlia
|
P
|
70
|
Tuntas
|
11.
|
Hazizah
Kislia Ulfaya
|
P
|
80
|
Tuntas
|
12.
|
Imam Baihaqim
Syah
|
L
|
70
|
Tuntas
|
13.
|
Isma Nurul Afifah
|
P
|
70
|
Tuntas
|
14.
|
Julianto
|
L
|
70
|
Tuntas
|
15.
|
Laeli
AhyuniWulandari
|
P
|
80
|
Tuntas
|
16.
|
Laras Adik
Nastiti
|
P
|
70
|
Tuntas
|
17.
|
M. Alfito
Dinova
|
L
|
70
|
Tuntas
|
18.
|
M. andi
Nurkholis Mazid
|
L
|
70
|
Tuntas
|
19.
|
M. Irvan
Islami
|
L
|
70
|
Tuntas
|
20.
|
Marcelinus
Dwi C. G. S
|
L
|
80
|
Tuntas
|
21.
|
Muhammad
Irfan
|
L
|
80
|
Tuntas
|
22.
|
Nada Yuliati
|
P
|
90
|
Tuntas
|
23.
|
Nanda Trisula
Ardani
|
L
|
90
|
Tuntas
|
24.
|
Rizal
Setiawan
|
L
|
70
|
Tuntas
|
25.
|
Rizal Susanto
|
L
|
70
|
Tuntas
|
26.
|
Rosa Okta
Viola
|
P
|
80
|
Tuntas
|
27.
|
Sidik Purnomo
|
L
|
90
|
Tuntas
|
28.
|
Suwarti Wahyuningsih
|
P
|
90
|
Tuntas
|
29.
|
Vina Agustin
|
P
|
70
|
Tuntas
|
30.
|
Wahyudi
|
L
|
70
|
Tuntas
|
31.
|
Yoga Putra
|
L
|
90
|
Tuntas
|
32.
|
Yuva Monika
Sari
|
P
|
90
|
Tuntas
|
33.
|
Renita Amelia
|
P
|
80
|
Tuntas
|
Jumlah
|
2560
|
|||
Rata - rata
kelas
|
77
|
Rumus Perhitungan Rata – Rata :
Rata – Rata = Jumlah Seluruh Data ÷ Banyak Data
Tabel 10
Aktifitas
Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dengan Materi
Pokok Beriman Kepada Rasul Allah
No
|
Keterlibatan
Siswa dalam Pembelajaran
|
Siklus II
|
|
Jumlah Siswa
|
Keterangan
(%)
|
||
1.
2.
3.
|
Terlibat Aktif
Terlibat Pasif
Tidak Terlibat
|
31
1
1
|
91
4,5
4,5
|
Jumlah
|
33
|
100
|
Rumus Aktifitas Belajar Murid
Keterangan (%) = 100 % ÷ (Jumlah Siswa)
Keterangan :
1.
Terlibat aktif artinya siswa memperhatikan
dengan sungguh - sungguh, aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dengan benar.
2.
Terlibat pasif artinya siswa memperhatikan
sungguh - sungguh, tidak bertanya dan menjawab pertanyaan seadanya.
3.
Tidak terlibat artinya siswa duduk diam saja,
tidak mau bertanya maupun menjawab pertanyaan.
Diagram 3
Aktifitas
Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dengan Materi
Pokok Beriman Kepada Rasul Allah
Tabel 11
Ketuntasan
Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dalam
Pembelajaran PAI
Keterangan
|
Siklus Pembelajaran
|
||
Pra Siklus
|
Siklus I
|
Siklus II
|
|
Nilai Rata – Rata
|
50
|
66
|
77
|
% Ketuntasan Siswa
|
30
|
69
|
100
|
Diagram 4
Ketuntasan
Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dalam
Pembelajaran PAI
d.
Refleksi
Berdasarkan
hasil pengamatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pada siklus I jumlah yang
memperoleh nilai 70 baru mencapai 23 siswa atau 69%. Setelah diadakan
perbaikan pada siklus II jumlah siswa yang mendapat nilai 70 ke atas mencapai 33
siswa atau 100%. Dengan demikian target yang diinginkan sudah tercapai dan
hasil belajar siswa sudah memuaskan.
e.
Hasil
Berdasarkan
hasil perbaikan pembelajaran II atau pada siklus II dengan upaya yang dilakukan
adalah menggunakan metode PAKEM, ternyata hasilnya bisa meningkat. Dari jumlah 33
siswa yang mendapat nilai 70 ke atas menjadi 33 orang atau 100%, dengan nilai
rata - rata kelas 77 dan keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 91%.
f.
Pembahasan
1.
Siklus I
Berdasarkan
pengamatan terhadap upaya perbaikan siklus I ternyata penggunaan metode tanya
jawab pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1
Kaliwungu terbukti efektif, sebab dengan menggunakan metode tanya jawab siswa
lebih aktif bertanya dan memberikan tanggapan terhadap materi yang disajikan.
Walaupun pada siklus I telah menggunakan metode tanya jawab, namun siswa belum
mencapai nilai yang diharapkan.
2.
Siklus II
Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap upaya perbaikan pembelajaran siklus II, ternyata
penggunaan metode PAKEM pada pelajaran Pendidikan Agama Islam tentang beriman
kepada Rasul Allah di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kaliwungu sangat efektif,
sebab dengan menggunakan metode PAKEM siswa lebih bersemangat, antusias,
nyaman, dan senang. Pada pembelajaran siklus II telah menggunakan metode PAKEM,
ternyata evaluasi dapat meningkat.
0 komentar:
Posting Komentar