Senin, 22 Oktober 2018

SKRIPSI ILYAS ROZAK HANAFI


MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM
PADA KOMPETENSI DASAR MENGENAL RASUL – RASUL
ALLAH S.W.T DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1
KALIWUNGU KECAMATAN KALIREJO
KABUBATEN LAMPUNG TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2012/2013



SKRIPSI


OLEH :
ILYAS ROZAK HANAFI
NPM : 10250440

PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM








SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT)
AGUS SALIM METRO LAMPUNG
1434 H/2013 M




BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.      Deskripsi Hasil Penelitian
Prosedur Tiap Siklus
Perbaikan pembelajaran dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua (II) siklus. Dalam setiap siklus, kegiatan yang dilakukan meliputi :
·      Refleksi.
·      Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran.
·      Tindakan Perbaikan.
·      Refleksi.

1.    Siklus I
a.    Rencana
Kegiatan yang dilakukan pada tahap perencanaan pada siklus I antara lain :
1)   Membuat rencana perbaikan pembelajaran I dengan Pokok bahasan Rasul Allah.
2)   Menyiapkan media pembelajaran, berupa buku pegangan.
3)   Menyiapkan lembar observasi siswa.
4)   Menyiapkan alat evaluasi.
5)   Menyiapkan (Alat Penilaian Kemampuan Guru) APKG 1 dan (Alat Penilaian Kemampuan Guru) APKG 2.
b.    Pelaksanaan
Kegiatan pembelajaran siklus pertama dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Januari 2013 dengan Pokok bahasan Rasul Allah..
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini antara lain :
1)   Apersepsi dengan tanya jawab tentang materi Rasul Allah.
2)   Memotivasi siswa agar aktif mengikuti pelajaran.
3)   Memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas yang berhubungan dengan materi yang dijelaskan.
4)   Melakukan observasi terhadap aktivitas siswa.
5)   Melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa.
c.    Pengamatan/Pengumpulan Data
Pada tahap ini dilaksanakan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan atau observasi terhadap pelaksanaan perbaikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan instrumen sebagai berikut :
1)   Manusia pilihan Allah yang diberi wahyu untuk dirinya sendiri disebut ?
2)   Manusia pilihan Allah yang diberi wahyu untuk disampaikan kepada umat - Nya disebut ?
3)   Jumlah Rasul Ulul Azmi sebanyak ?
4)   Sebutkan keistimewaan Rasul Ulul Azmi ?
5)   Nabi Ibrahim mendapatkan hukuman dari Raja Namruz berupa ?
d.   Refleksi
Berdasarkan hasil pengamatan  terhadap proses pembelajaran pada siklus  pertama yang dilaksanakan Kamis, 10 Januari 2013, bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus pertama belum terjadi peningkatan hasil belajar yang maksimal. Nilai siswa masih di bawah nilai rata - rata. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu menggunakan metode yang berbeda, yaitu menggunakan metode PAKEM.
2.    Siklus II
a.    Rencana
Kegiatan yang dilaksanakan pada siklus II antara lain :
1)   Membuat rencana perbaikan pembelajaran II dengan  pokok bahasan Rasul Ulul Azmi, Nabi dan Rasul.
2)   Menggunakan metode PAKEM.
3)   Menyiapkan alat evaluasi.
4)   Menyiapkan lembar observasi siswa.
5)   Menyiapkan (Alat Penilaian Kemampuan Guru) APKG 1 dan (Alat Penilaian Kemampuan Guru) APKG 2.
b.    Pelaksanaan
Kegiatan pembelajaran dilaksanakan pada Kamis, 24 Januari 2013 dengan pokok bahasan Rasul Ulul Azmi, Nabi dan Rasul dengan menggunakan metode PAKEM. Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah :
1)   Guru mengkondisikan kelas.
·      Membaca doa bersama sebelum belajar.
·      Mengabsen siswa.
·      Mengemukakan tujuan pembelajaran “Menyebutkan nama - nama rasul Allah swt”.
·      Apersepsi : Melontarkan pertanyaan kepada siswa, ”Siapa yang pernah mendengar atau hafal nama - nama Nabi dan Rasul ?”.
·      Menstimulasi siswa dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Rukun Islam”.
2)   Bagian pertama
·      Menjelaskan pengertian beriman kepada Nabi dan Rasul.
·      Meminta siswa (acak) untuk menginventarisir Nabi dan Rasul di papan tulis.
·      Guru menyebutkan empat (4) sifat wajib bagi Rasul.
·      Guru menawarkan kepada siswa untuk menyebutkan pengertian masing - masing sifat wajib bagi Rasul.
·      Siswa menginventarisir empat (4) sifat wajib bagi Rasul di buku catatan.
·      Guru menstimulasi siswa dengan menyanyikan lagu 25 Nabi.
3)   Bagian kedua
·      Guru meminta salah satu siswa untuk menyebutkan pengertian Rasul Ulul Azmi dan siswa lain menyimak penuturan siswa.
·      Meminta pendapat kepada siswa tentang ciri - ciri Rasul Ulul Azmi sesuai buku panduan.
·      Menjelaskan secara ringkas biografi kelima Rasul Ulul Azmi.
·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan guru atau pertanyaan dari siswa lain.
4)   Menyimpulkan pelajaran
·      Memberitahukan pelajaran yang akan datang.
·      Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah/doa.
5)   Guru melakukan observasi terhadap aktifitas siswa.
6)   Melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa
c.    Pengamatan / Pengumpulan Data
Pada tahap ini dilaksanakan pengamatan atau observasi terhadap pelaksanaan perbaikan pembelajaran PAI tentang Rasul Ulul Azmi, Nabi dan Rasul dengan instrumen sebagai berikut :
1)   Apakah arti iman kepada rasul Allah ?
2)   Sebutkan lima nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi ?
3)   Apakah tugas rasul ?
4)   Sebutkan perbedaan antara nabi dan rasul ?
5)   Jelaskan sifat wajib yang dimiliki rasul ?
d.   Refleksi
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran pada siklus kedua yang dilaksanakan Kamis, 24 Januari 2013, bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus kedua sudah terjadi peningkatan hasil belajar yang maksimal. Ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang sudah mencapai 70 ke atas sudah 31 siswa ( 91%).
Daftar Nama – Nama Siswa/i Kelas V SDN 1 Kaliwungu
Tabel 5
Daftar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
NO
Nama Siswa
L/P
1.
Adi Alifianto
L
2.
Aldi Kurniawan
L
3.
Alfian Pratama
L
4.
Anggun Wulandari
P
5.
Arya Yuda Pratama
L
6.
Blasius Bogianto
L
7.
Daffa Kurniawan
L
8.
Dwi Kurniawati
P
9.
Eni Maryati
P
10.
Hana Saji Dahlia
P
11.
Hazizah Kislia Ulfaya
P
12.
Imam Baihaqim Syah
L
13.
Isma Nurul Afifah
P
14.
Julianto
L
15.
Laeli AhyuniWulandari
P
16.
Laras Adik Nastiti
P
17.
M. Alfito Dinova
L
18.
M. andi Nurkholis Mazid
L
19.
M. Irvan Islami
L
20.
Marcelinus Dwi C. G. S
L
21.
Muhammad Irfan
L
22.
Nada Yuliati
P
23.
Nanda Trisula Ardani
L
24.
Rizal Setiawan
L
25.
Rizal Susanto
L
26.
Rosa Okta Viola
P
27.
Sidik Purnomo
L
28.
Suwarti Wahyuningsih
P
29.
Vina Agustin
P
30.
Wahyudi
L
31.
Yoga Putra
L
32.
Yuva Monika Sari
P
33.
Renita Amelia
P

B.       Pembahasan
Siklus I
a.    Rencana
Pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran dilaksanakan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kaliwungu, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri atas 20 siswa laki - laki dan 13 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran dilaksanakan dari tanggal 10 Januari 2013 sampai dengan tanggal 31 Januari 2013 dengan waktu perbaikan jam pelajaran ( 3 x 35 menit ) setiap siklus.
Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2013 yang bertempat di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kaliwungu, dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri atas 20 siswa laki - laki dan 13 siswa perempuan. Mata pelajaran yang peneliti berikan adalah Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan materi pokok Beriman Kepada Rasul Allah.  
b.    Pelaksanaan
Pelaksanaan siklus I dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2013 yang bertempat di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kaliwungu, dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri atas 20 siswa laki - laki dan 13 siswa perempuan. Mata pelajaran yang peneliti berikan adalah Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan materi pokok Beriman Kepada Rasul Allah.
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini antara lain :
1.    Apersepsi dengan tanya jawab tentang materi Rasul Allah.
2.    Memotivasi siswa agar aktif mengikuti pelajaran.
3.    Memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas yang berhubungan dengan materi yang dijelaskan.
4.    Melakukan observasi terhadap aktivitas siswa.
5.    Melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa.
c.    Pengamatan/Pengumpulan Data
Pada tahap ini dilaksanakan pengamatan atau observasi terhadap pelaksanaan perbaikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan  instrumen sebagai berikut :
1.    Manusia pilihan Allah SWT yang diberi wahyu untuk dirinya sendiri disebut ?
2.    Manusia pilihan Allah yang diberi wahyu untuk disampaikan kepada umat- Nya disebut ?
3.    Jumlah Rasul Ulul Azmi sebanyak ?
4.    Sebutkan keistimewaan Rasul Ulul Azmi ?
5.    Nabi Ibrahim mendapatkan hukuman dari Raja Namruz berupa ?
Tabel 6
Nilai Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Pada Perbaikan Pembelajaran
Siklus I
NO
Nama Siswa
L/P
Nilai Siklus I
Keterangan
1.
Adi Alifianto
L
70
Tuntas
2.
Aldi Kurniawan
L
50
Belum
3.
Alfian Pratama
L
60
Belum
4.
Anggun Wulandari
P
70
Tuntas
5.
Arya Yuda Pratama
L
70
Tuntas
6.
Blasius Bogianto
L
70
Tuntas
7.
Daffa Kurniawan
L
70
Tuntas
8.
Dwi Kurniawati
P
70
Tuntas
9.
Eni Maryati
P
70
Tuntas
10.
Hana Saji Dahlia
P
70
Tuntas
11.
Hazizah Kislia Ulfaya
P
70
Tuntas
12.
Imam Baihaqim Syah
L
70
Tuntas
13.
Isma Nurul Afifah
P
60
Belum
14.
Julianto
L
70
Tuntas
15.
Laeli AhyuniWulandari
P
70
Tuntas
16.
Laras Adik Nastiti
P
60
Belum
17.
M. Alfito Dinova
L
60
Belum
18.
M. andi Nurkholis Mazid
L
50
Belum
19.
M. Irvan Islami
L
70
Tuntas
20.
Marcelinus Dwi C. G. S
L
70
Tuntas
21.
Muhammad Irfan
L
60
Belum
22.
Nada Yuliati
P
70
Tuntas
23.
Nanda Trisula Ardani
L
70
Tuntas
24.
Rizal Setiawan
L
60
Belum
25.
Rizal Susanto
L
60
Belum
26.
Rosa Okta Viola
P
70
Tuntas
27.
Sidik Purnomo
L
70
Tuntas
28.
Suwarti Wahyuningsih
P
70
Tuntas
29.
Vina Agustin
P
60
Belum
30.
Wahyudi
L
60
Belum
31.
Yoga Putra
L
70
Tuntas
32.
Yuva Monika Sari
P
70
Tuntas
33.
Renita Amelia
P
70
Tuntas
Jumlah
2180
Rata - rata kelas
66
Rumus Perhitungan Rata – Rata :
Rata – Rata = Jumlah Seluruh Data ÷ Banyak Data
Tabel 7
Aktifitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dengan Materi Pokok Beriman Kepada Rasul Allah
No
Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran
Siklus I
Jumlah Siswa
Keterangan
(%)

1.

2.

3.

Terlibat Aktif

Terlibat Pasif

Tidak Terlibat

20

11

2

69

22

9
Jumlah
33
100
Rumus Aktifitas Belajar Murid
Keterangan (%) = 100 % ÷ (Jumlah Siswa)
Keterangan :
1.    Terlibat aktif artinya siswa memperhatikan dengan sungguh - sungguh, aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dengan benar.
2.    Terlibat pasif artinya siswa memperhatikan sungguh - sungguh, tidak bertanya dan menjawab pertanyaan seadanya.
3.    Tidak terlibat artinya siswa duduk diam saja, tidak mau bertanya maupun menjawab pertanyaan.
Diagram 1
Aktifitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dengan Materi Pokok Beriman Kepada Rasul Allah
Siklus I





Tabel 8
Ketuntasan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dalam Pembelajaran PAI
Keterangan
Siklus Pembelajaran
Pra Siklus
Siklus I
Nilai Rata – Rata
50
66
% Ketuntasan Siswa
30
69

Diagram 2
Ketuntasan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dalam Pembelajaran PAI











d.   Refleksi
Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sebelum pembelajaran jumlah yang memperoleh nilai di atas 70 hanya 10 0rang atau 30%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai 70 mencapai 23 siswa atau 69%. Namun demikian belum mencapai target yang diinginkan. Hasil belajar siswa kurang memuaskan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu menggunakan metode yang berbeda, yaitu menggunakan metode PAKEM.
e.    Hasil
Berdasarkan hasil perbaikan  pembelajaran I atau pada siklus I dengan upaya yang dilakukan adalah menggunakan metode tanya jawab, ternyata hasilnya bisa meningkat. Dari jumlah 33 siswa, yang mendapat nilai 70 ke atas sudah 23 orang atau 69% dengan nilai rata - rata kelas 66 dan keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 69%.
Sedangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap hasil perbaikan siklus I dengan menggunakan metode tanya jawab, ternyata masih ada beberapa siswa yang mendapat nilai di bawah 70. Dari jumlah keseluruhan 33 siswa dalam perbaikan siklus I masih ada 5 siswa yang nilainya di bawah 70. Ini berarti pembelajaran belum dikatakan berhasil atau dengan kata lain masih mengalami kegagalan.



Siklus II
a.     Rencana
Kegiatan yang dilaksanakan pada siklus II antara lain :
1.      Membuat rencana perbaikan pembelajaran II dengan  pokok bahasan Rasul Ulul Azmi, Nabi dan Rasul.
2.      Menggunakan Metode PAKEM.
3.      Menyiapkan alat evaluasi.
4.      Menyiapkan lembar observasi siswa.
5.      Menyiapkan (Alat Penilaian Kemampuan Guru) APKG 1 dan (Alat Penilaian Kemampuan Guru) APKG 2.
b.    Pelaksanaan
Kegiatan pembelajaran dilaksanakan pada Kamis, tanggal 24 Januari 2013 dengan pokok bahasan Rasul Ulul Azmi, Nabi dan Rasul dengan menggunakan metode PAKEM. Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah :
1.    Guru mengkondisikan kelas
·      Membaca doa bersama sebelum belajar.
·      Mengabsen siswa.
·      Mengemukakan tujuan pembelajaran “Menyebutkan nama - nama rasul Allah SWT”.
·      Apersepsi : melontarkan pertanyaan kepada siswa, ”Siapa yang pernah mendengar atau hafal nama - nama Nabi dan Rasul?”.
·      Menstimulasi siswa dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Rukun Islam”.
2.    Bagian pertama
·      Menjelaskan pengertian beriman kepada Nabi dan Rasul.
·      Meminta siswa (acak) untuk menginventarisir perbedaan Nabi dan Rasul di papan tulis.
·      Guru menyebutkan empat (4) sifat wajib bagi Rasul.
·      Guru menawarkan kepada siswa untuk menyebutkan pengertian masing - masing sifat wajib bagi Rasul.
·      Siswa menginventarisir empat (4) sifat wajib bagi Rasul di buku catatan.
·      Guru menstimulasi siswa dengan menyanyikan lagu 25 Nabi.
3.    Bagian kedua
·      Guru meminta salah satu siswa untuk menyebutkan pengertian Rasul Ulul Azmi dan siswa lain menyimak penuturan siswa.
·      Meminta pendapat kepada siswa tentang ciri - ciri Rasul Ulul Azmi sesuai buku panduan.
·      Menjelaskan secara ringkas biografi kelima Rasul Ulul Azmi.
·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan guru atau pertanyaan dari siswa lain.
4.    Menyimpulkan pelajaran
·      Memberitahukan pelajaran yang akan datang.
·      Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah/doa.
5.    Guru melakukan observasi terhadap aktifitas siswa.
6.    Melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa.
c.     Pengamatan/Pengumpulan Data
Pada tahap ini dilaksanakan pengamatan atau observasi terhadap pelaksanaan perbaikan pembelajaran PAI tentang Rasul Ulul Azmi, Nabi dan Rasul dengan instrumen sebagai berikut :
1.    Apakah arti iman kepada rasul Allah ?
2.    Sebutkan lima nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi ?
3.    Apakah tugas rasul ?
4.    Sebutkan perbedaan antara nabi dan rasul ?
5.    Jelaskan sifat wajib yang dimiliki rasul ?
Tabel 9
Nilai Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Pada Perbaikan Pembelajaran
Siklus II
NO
Nama Siswa
L/P
Nilai Siklus II
Keterangan
1.
Adi Alifianto
L
90
Tuntas
2.
Aldi Kurniawan
L
80
Tuntas
3.
Alfian Pratama
L
90
Tuntas
4.
Anggun Wulandari
P
80
Tuntas
5.
Arya Yuda Pratama
L
80
Tuntas
6.
Blasius Bogianto
L
70
Tuntas
7.
Daffa Kurniawan
L
70
Tuntas
8.
Dwi Kurniawati
P
70
Tuntas
9.
Eni Maryati
P
70
Tuntas
10.
Hana Saji Dahlia
P
70
Tuntas
11.
Hazizah Kislia Ulfaya
P
80
Tuntas
12.
Imam Baihaqim Syah
L
70
Tuntas
13.
Isma Nurul Afifah
P
70
Tuntas
14.
Julianto
L
70
Tuntas
15.
Laeli AhyuniWulandari
P
80
Tuntas
16.
Laras Adik Nastiti
P
70
Tuntas
17.
M. Alfito Dinova
L
70
Tuntas
18.
M. andi Nurkholis Mazid
L
70
Tuntas
19.
M. Irvan Islami
L
70
Tuntas
20.
Marcelinus Dwi C. G. S
L
80
Tuntas
21.
Muhammad Irfan
L
80
Tuntas
22.
Nada Yuliati
P
90
Tuntas
23.
Nanda Trisula Ardani
L
90
Tuntas
24.
Rizal Setiawan
L
70
Tuntas
25.
Rizal Susanto
L
70
Tuntas
26.
Rosa Okta Viola
P
80
Tuntas
27.
Sidik Purnomo
L
90
Tuntas
28.
Suwarti Wahyuningsih
P
90
Tuntas
29.
Vina Agustin
P
70
Tuntas
30.
Wahyudi
L
70
Tuntas
31.
Yoga Putra
L
90
Tuntas
32.
Yuva Monika Sari
P
90
Tuntas
33.
Renita Amelia
P
80
Tuntas
Jumlah
2560
Rata - rata kelas
77

Rumus Perhitungan Rata – Rata :
Rata – Rata = Jumlah Seluruh Data ÷ Banyak Data
Tabel 10
Aktifitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dengan Materi Pokok Beriman Kepada Rasul Allah
No
Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran
Siklus II
Jumlah Siswa
Keterangan
(%)

1.

2.

3.

Terlibat Aktif

Terlibat Pasif

Tidak Terlibat

31

1

1

91

4,5

4,5
Jumlah
33
100
Rumus Aktifitas Belajar Murid
Keterangan (%) = 100 % ÷ (Jumlah Siswa)
Keterangan :
1.    Terlibat aktif artinya siswa memperhatikan dengan sungguh - sungguh, aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dengan benar.
2.    Terlibat pasif artinya siswa memperhatikan sungguh - sungguh, tidak bertanya dan menjawab pertanyaan seadanya.
3.    Tidak terlibat artinya siswa duduk diam saja, tidak mau bertanya maupun menjawab pertanyaan.
Diagram 3
Aktifitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dengan Materi Pokok Beriman Kepada Rasul Allah
Siklus II








Tabel 11
Ketuntasan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dalam Pembelajaran PAI
Keterangan
Siklus Pembelajaran
Pra Siklus
Siklus I
Siklus II
Nilai Rata – Rata
50
66
77
% Ketuntasan Siswa
30
69
100

Diagram 4
Ketuntasan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaliwungu
Dalam Pembelajaran PAI








               
d.    Refleksi
Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pada siklus I jumlah yang memperoleh nilai 70 baru mencapai  23 siswa atau 69%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus II jumlah siswa yang mendapat nilai 70 ke atas mencapai 33 siswa atau 100%. Dengan demikian target yang diinginkan sudah tercapai dan hasil belajar siswa sudah memuaskan.
e.     Hasil
Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran II atau pada siklus II dengan upaya yang dilakukan adalah menggunakan metode PAKEM, ternyata hasilnya bisa meningkat. Dari jumlah 33 siswa yang mendapat nilai 70 ke atas menjadi 33 orang atau 100%, dengan nilai rata - rata kelas 77 dan keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 91%.
f.     Pembahasan
1.    Siklus I
Berdasarkan pengamatan terhadap upaya perbaikan siklus I ternyata penggunaan metode tanya jawab pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kaliwungu terbukti efektif, sebab dengan menggunakan metode tanya jawab siswa lebih aktif bertanya dan memberikan tanggapan terhadap materi yang disajikan. Walaupun pada siklus I telah menggunakan metode tanya jawab, namun siswa belum mencapai nilai yang diharapkan.
2.    Siklus II
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap upaya perbaikan pembelajaran siklus II, ternyata penggunaan metode PAKEM pada pelajaran Pendidikan Agama Islam tentang beriman kepada Rasul Allah di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kaliwungu sangat efektif, sebab dengan menggunakan metode PAKEM siswa lebih bersemangat, antusias, nyaman, dan senang. Pada pembelajaran siklus II telah menggunakan metode PAKEM, ternyata evaluasi dapat meningkat.


0 komentar: