Rabu, 15 Juni 2016

PROPOSAL KEGIATAN PELATIHAN KADER TARUNA MELATI 1 (PKTM 1)

  PROPOSAL KEGIATAN

PELATIHAN KADER TARUNA MELATI 1 (PKTM 1)


TEMA
“ MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR BERKEMAJUAN DAN PENGGERAK KEMAJUAN IKATAN”




PIMPINAN RANTING
IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH (IPM)
SMK MUHAMMADIYAH 2 KALIREJO
LAMPUNG TENGAH
Tahun 2016
A.    LATAR  BELAKANG KEGIATAN
Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati I adalah  proses awal atau dasar dari pengkaderan formal  Ikatan Pelajar Muhammadiyah menuju jenjang yang lebih lanjut. PKD TM I menekankan pada dua aspek proses, yaitu pertama, pemahaman dan pengamalan Islam secara riil dan kedua, pengenalan diri. Maksud pemahaman dan pengamalan Islam secara riil adalah belajar, memahi dan mengamalkan Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari membaca al-Qur’an, ibadah mahdloh, sampai dengan membentuk kelompok pengajian bersama ataupun Gerakan Jama’ah Dakwah Jama’ah (GJDJ).  Adapun maksud dari pengenalan diri adalah mempelajari dan mengenali akan pribadi masing-masing melalui pengetahuan tentang hati suci sehingga muncul kesadaran yang tinggi terhadap potensi dan penghargaan terhadap diri sendiri, orang lain, dan masyarakat.
Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati I dalam rangka mencapai tujuannya mengandung empat proses penting: Pertama, need assessment kader di tempat masing-masing, kedua, sosialisasi dan rekruitment, ketiga, proses pelatihan, dan keempat, follow up. Masing-masing proses memiliki tahapan dan mekanismenya sendiri-sendiri yang disesuaikan berdasarkan target dan tujuan dar pelatihan dan jenjang pengkaderan IPM.
Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati I menggunakan model pelatihan yang lebih menekankan pada aspek conscientizaco atau penyadaran pribadi dan kelompok akan nilai-nilai ke-Islaman. Dengan demikian proses pelatihan ditekankan pada proses humanizing untuk mencapai target dan tujuan.

B.    DASAR PEMIKIRAN KEGIATAN
Muhammadiyah adalah salah satu organisasi masyarakat terbesar di Indonesia. Dari segi masa bisa dikatakan Muhammadiyah mempunyai masa terbanyak di Indonesia. Begitu pula dengan umur yang tidak muda lagi, lebih dari satu abad tentu merupakan umur yang harus mampu menunjukan kematangannya, karna telah lama makan asam garam kehidupan, namun bukan sebuah kematangan dalam megelola kader-kadernya tetapi disibukkan dengan hal-hal internal, sehingga merasa waktu yang ada masih kurang dari hal-hal eksternal yang kurang tersentuh.
Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), salah satu Ortom Muhammadiyah seharusnya mampu mem-back up perkaderan Muhammadiyah sehingga Muhammadiyah tidak kekurangan Kader penerusnya, spirit perjuangan IPM yang bersumber pada Al-Qur’an dan Al-Hadist kemudian terinfestasi kedalam agenda aksi yang menghendaki sebuah perubahan tatanan kehidupan umat islam yang signifikan, dalam kontek IPM sebagai Ortom Muhammadiyah dikenal sebagai gerakan islam modern yang berwatak memiliki sebuah tugas mulia untuk mewujudkan sebuah tatanan Normatis Praksis atas islam yang Isklusif dan Egaliter dalam rangka mewujudkan Masyarakat dan Pelajar Islam yang sebenar-benarnya.
Berdasarkan hal inilah, keberadaan kader-kader sebagai penggerak dalam sebuah Ikatan, memiliki sebuah posisi dan fungsi yang vital, keberadaan kader yang memiliki Ghiroh perjuangan dan menginternalisasikan dalam gerak langkahnya adalah mutlak menjadi sebuah kebutuhan mendasar dalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Oleh karna itu, dalam rangka mewujudkan cita-cita mulia tersebut, islam yang idealnya menjadi spirit dasar perjuangan tidak akan mampu menghadirkan dirinya sebagai sumber inspirasi apabila tidak disertai oleh sebuah system perkaderan yang Komprensif.
Pelatihan Kader Taruna Melati 1 (PK-TM 1) sebagai sebuah pelatihan di IPM, di desain dan dihadirkan khusus untuk menjawab problematika tersebut, pelatihan ini diharapkan mampu menjadi sebuah ajang dalam menghasilkan kader-kader yang militan dan mampu menginternalisasikan gerak perjuangannya.
Sehingga pada proses demi proses yang dilalui ini, seingga kader persyarikatan mampu menjadikan Muhammadiyah sebagai state of Mind. Pada poin yang  lebih krusial lagi, diharapkan TM 1 mampu mewujudkan pelajar islam yang Isklusif dan Egaliter untuk perubahan dan pencerahan peradaban yang termanifestasikan dalam wujud masyarakat dan pelajar yang sebenar-benarnya yang di ridhoi Allah SWT.
Dalam menggerakkan jama’ah, seperti halnya IPM adalah sebuah proses yang panjang terkesan membosankan namun harus tetap dilakukan agar sumber potensi dari insane tersebut masih fresh dengan segala pemikirannya, mampu memberikan kontribusi dalam perubahan social yang mencerahkan.
Tidak ada jaminan untuk mencapai sutu tujuan pada suatu waktu. Namun, ada jaminan untuk tidak pernah sampai pada tujuan yang tidak pernah ditetapkan. Inilah gerakan kita, gerakan Pelajar Baru untuk Indonesia Berkemajuan”.

C.    LANDASAN KEGIATAN
1.        Ketetapan Rapat Rutin pada Tanggal : 11 Mei 2016.
2.       Program kerja Bidang Perkaderan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo periode 2015/2016.
3.       Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

D.    NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama “ Taruna Melati 1” disingkat TM 1, yang diselenggarakan oleh Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo.

E.    TEMA KEGIATAN
Tema kegiatan ini adalah Membentuk Karakter Pelajar Berkemajuan Dan Penggerak Kemajuan Ikatan.

F.    TUJUAN KEGIATAN
Tujuan umum Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati I adalah proses pembentukan karakter kader (character building), yaitu, siddiq, tabligh, amanah, fathonah, sebagai upaya penanaman nilai-nilai dasar pergerakan dan perjuangan Ikatan sebagaimana dalam tujuan IPM dan Muhammadiyah. Adapun perincian yang jelas mengenai tujuannya adalah :
1.        Menunaikan Ikrar Janji Pelajar Muhammadiyah.
2.       Membentuk kesadaran perjuangan yang dimanifestasikan dalam kehidupan pribadi dan sosial kemasyarakatan.
3.       Menumbuhkan loyalitas kader terhadap ikatan dan persyarikatan.
4.      Menguatkan barisan dakwah IPM dengan kembali menunjukan kader IPM yang sebenar-benarnya.
5.       Membentuk manusia yang unggul dalam ketakwaan.
6.      Melatih kemandirian dan tanggung jawab.
7.       Membentuk manusia yang cakap dan terampil.
8.      Mencetak calon-calon pemimpin yang militant dan berakhlak mulia.
9.      Mencetak manusia yang unggul dalam intelektualitas.
10.     Membentuk manusia yang memilki semangat amar ma’ruf nahi munkar yang berlandaskan Al-Qur’an dan Al-Hadits.

G.    TARGET KEGIATAN
1.        Terbentuknya kader yang mempunyai ghirah (kesadaran berjuang) ber-IPM.
2.       Terbentuknya kader yang mempunyai loyalitas tinggi terhadap ikatan dan persyarikatan
3.       Terbentuknya kader yang mampu mewujudkan tujuan organisasi.

H.    KUALIFIKASI MATERI PKTM 1

Materi yang akan diberikan kepada peserta PKTM 1 SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo, yaitu :

1.        Agama
2.       Ke-Muhammadiyah-an
3.       Ke-IPM-an
4.      Psikologi Þ Aspek Hati Nurani
5.       Sosial Masyarakat
6.      Muatan Lokal

I.     PESERTA KEGIATAN PKTM 1
Pada dasarnya Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati I ini ditujukan bagi semua anggota IPM. Akan tetapi, prosedur pelatihan menuntut maksimal 30 orang. Oleh karena itu, jika pendaftar melebihi dari 30 orang, maka harus diadakan kualifikasi peserta sebelum satu minggu – satu bulan acara pelatihan berlangsung. Kualifikasi peserta ditentukan oleh pengelola pelatihan (Tim Instruktur/fasilitator) setempat dengan mempertimbangkan pada :
1.        Meminimalisir kesenjangan pengetahuan antar peserta.
2.       Paket materi ditentukan berdasarkan hasil kualifikasi rata-rata peserta
3.       Jika terdapat peserta yang diskualifikasi, maka harus didaftar sebagai anggota dan dikelola dalam forum lain untuk mengikuti pelatihan kader dasar selanjutnya.
4.      Jika peserta kekurangan, maka peserta diskualifikasi diperbolehkan mengikuti forum dan jika memiliki perkembangan yang baik secara langsung bisa menjadi peserta.
Peserta kegiatan Pengkaderan Taruna Melati 1 adalah siswa/i SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo dan SMK/MA/SMA Kecamatan Kalirejo yang telah lulus Skrening dari Tim Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kalirejo dan Pembina Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo.

J.     FASILITATOR PELATIHAN PKTM 1
Fasilitator atau Pendamping  pada pelatihan bagi warga belajar PKTM I adalah Tim Fasilitator dan Pendampingan yang telah mengikuti Pelatihan Fasilitator dan Pendampingan I yaitu dari PC IPM Kalirejo dan PD IPM Lampung Tengah.
  
K.    PELAKSANAAN KEGIATAN
Pelatihan Kader Taruna Melati 1, akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal    : Jum’at - Minggu, 03 – 05 Juni 2016
Waktu           : Pukul 15.00 s/d selesai (Durasi 3 hari 2 malam)
Tempat          : Gedung SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo

L.   KURIKULUM PENGKADERAN PKTM 1
(Terlampir)

M.  SUSUNAN PANITIA KEGIATAN PKTM 1
(Terlampir)

N.   SUSUNAN ACARA KEGIATAN PKTM 1
(Terlampir)

O.  RANCANGAN ANGGARAN BELANJA PKTM 1
(Terlampir)

P.    PENUTUP
Demikian Proposal kegiatan ini kami buat dan kami ajukan dengan harapan seluruh pihak dapat mendukung penuh acara ini agar dapat berjalan sesuai harapan kita bersama, semoga kegiatan ini berjalan lancar sesuai harapan kita bersama dan kami mengaharapkan dukungan dari seluruh lapisan untuk mensukseskan acara ini.

Kalirejo, 16 Mei 2016

Panitia Pelaksana,
Ketua


ALLA UDIN FARIS AFIF
NBA. 08. 02. 36063
Sekretaris


PUTRI YULIANA SARI
NBA. 08. 02 36068
Mengetahui,
Ketua IPM


TRUSTO TRI HANDOYO
NBA. 08. 02. 36060

Pembina IPM


IKHTIARNO, S.Pd
NKTAM : ------------------------
Menyetujui,
Kepala Sekolah SMK Muh. 2 Kalirejo



TULUS.S.Pd
NKTAM : 0802 6395 779062
  
Lampiran 1
KURIKULUM PENGKADERAN
PKTM 1 IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH
SMK MUHAMMADIYAH 2 KALIREJO

Kawasan Agama: Al-Islam Paket I
No
Materi
Metode
Ket.
1.

Metode Belajar Membaca Al-Qur’an

Metode Iqra

2.
Ibadah Praktis
Group Discussion
Thoharoh dan Tata-cara Sholat, dll.
3.
Sholat Lail
Jama’ah

4.
Sejarah Perjuangan Rasul
(Shirah An-Nabawiyyah)
Ceramah dan group reflection

5.
Tauhid
Apresiasi empatetik

6.
Muatan Lokal
Tentatif

Kawasan Agama: Al-Islam Paket II
1.
Makna Hidup Islam
Ceramah dan group reflection
Makna Sholat Wajib dan Sholat lail, dll.
2.
Akhlaq pribadi dan sosial
Ceramah dan Apresiasi empatetik

3.
Sejarah al-Qur’an dan Hadits
Ceramah dan Group dynamic

4.
Tauhid Sosial
Group dynamic

5.
Muatan Lokal
Tentatif


Kawasan Ke-IPM-an dan Kemuhammadiyahan: Paket I
No
Materi
Metode
Ket.
1.

Sejarah Muhammadiyah

Audio Visual

2.
Organisasi Muhammadiyah
Ceramah

3.
Sejarah IPM
Audio Visual

4.
Organisasi IPM
Ceramah

5.
Muatan Lokal
Tentatif

Kawasan Ke-IPM-an dan Kemuhammadiyah-an: Paket II
1.
MKCH Muhammadiyah
Ceramah dan Group discussion

2.
Muhammadyah dan Masalah Lima
Ceramah dan simulasi

3.
Paradigma Gerakan IPM
Ceramah dan Group dynamic

4.
Kepribadian IPM
Ceramah dan Group dynamic

5.
Muatan Lokal
Tentatif




Kawasan Psikologi : Paket I
No
Materi
Metode
Ket.
1.

Pengenalan diri

Ceramah dan Role paly

2.
Konsep diri dan Kepercayaan Diri
Penugasan

3.
Visi misi Hidup
Penugasan

4.
Kepemimpinan Pribadi
Game

5.
Asertif
Penugasan

Kawasan Psikologi : Paket II
1.

Manajemen Qolbu

Role paly dan out bond

2.
Konsep Hati Suci:
IQ, EQ, SQ
Eksplorasi dan emosi empatetik

3.
Ideologi dasar
Penugasan

4.
Olah Sukma
Out bond

5.
Muatan Lokal
Tentatif


Kawasan Sosial-Masyarakat: Paket I
No
Materi
Metode
Ket.
1.

Bakti Lingkungan

Based Community Visiting dan Emosi Empatetik

2.
Studi Tokoh
Home Visiting

3.
Muatan Lokal
Tentatif

Kawasan Kawasan Sosial-Masyarakat: Paket II
1.

Bakti Lingkungan II

Out bond dan Emosi Empatetik

2.
Studi Hadap Masalah
Case Study

3.
Studi Tokoh II
Penugasan

4.
Studi Kelompok Masyarakat
Penugasan

5.
Muatan Lokal
Tentatif

  
Lampiran 2
SUSUNAN PANITIA KEGIATAN
PENGKADERAN PKTM 1
IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH (IPM)
SMK MUHAMMADIYAH 2 KALIREJO
LAMPUNG TENGAH
T.A 2015/2016

Pelindung            : Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo
Pembina              : Ikhtiarno, S.Pd
Penanggung Jawab   : Trusto Tri Handoyo (XI TKR)
Ketua Pelaksana              : Alla Udin Faris Afif (XI TP 2)
Sekretaris                     : Putri Yuliana Sari (XI TKJ)
Bendahara            : Ficky Arnanda (XI TKR)
TIM Fasilitator               : PC IPM Kalirejo dan PD IPM Lampung Tengah
Seksi – Seksi :
1.     Seksi Acara
-       Koordinator     : Dede Purwanto (XI TKR)
-       Anggota          : Yuliatun Nisa (XI TKJ)
: Ike Retno Sari (XI TKJ)
2.    Seksi Perlengkapan
-       Koordinator     : Marsikin (XI TKR)
-       Anggota          : Sahadat (XI TP 2)
: Rudi Indrawan (XI TP 2)
: Ahmad Safrudin (XI TSM)
3.    Seksi Humas
-       Koordinator     : Rangga Darmawan (XI TKR)
-       Anggota          : Siska Aufi Tamara (XI TKJ)
4.    Seksi Konsumsi
-       Koordinator     : Putri Lestari (XI TKJ)
Anggota          : Reza Eka Saputri (XI TKJ)
                             : Sisfiana (XI TKJ)
                             : Sandra Nurul Safitri (XI TKJ)
4.    Seksi Keamanan
-       Koordinator : Hisbul Wathan (Riyadi, S.Pd)


Lampiran 3
SUSUNAN ACARA
PKTM 1 IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH
SMK MUHAMMADIYAH 2 KALIREJO
Tahun 2016
WAKTU
MATERI
METODE
KETERANGAN
Hari I (Tanggal, 03 Juni 2016)
15.00 – 16.00
Pendaftaran Ulang Peserta
-
Co. Panitia Acara
16.00 – 16.45
Pembukaan
-
All
16.45 – 18.00
MCK
-
All
18.00 – 19.00
ISHOMA
Jama’ah
Imam Training (IM)
19.00 – 19.30
Sholat Isya’
Jama’ah
Imam Training (IM)
19.30 – 20.30
Kontrak Belajar
Ice Break
Master Of Training (MOT)
20.30 – 22.00
Ibadah Praktis
Group Discussion
Pemateri
22.00 – 22.30
Evaluasi
Penugasan
Fasilitator Kelas
22.30 – 02.00
Tidur Malam
-
All
Hari 2 (Tanggal, 04 Juni 2016)
02.00 – 04.00
Tahajud
Jama’ah
Imam Training (IM)
04.00 – 05.30
Sholat dan Tadarrus
Jama’ah
Imam Training (IM)
05.30 – 06.30
Keakraban + Olahraga
Out bond
Fasilitator Lapangan
06.30 – 08.00
MCK dan Sarapan
-
Peserta
08.00 – 09.30
Tauhid
Group Dynamic
Pemateri
09.30 – 10.00
Evaluasi
Penugasan
Fasilitator Kelas
10.00 – 11.30
Shirah Nabawiyah
Ceramah dan Group Reflection
Pemateri
11.30 – 12.00
Evaluasi
Penugasan
Fasilitator Kelas
12.00 – 13.00
ISHOMA
Jama’ah
Imam Training (IM)
13.00 – 14.30
Sejarah Muhammadiyah
Ceramah Dan Group Discussion
Pemateri
14.30 – 15.00
Evaluasi
Penugasan
Fasilitator Kelas
15.00 – 15.30
Sholat Ashar
Jama’ah
Imam Training (IM)
15.30 – 17.00
Sejarah dan Organisasi IPM
Ceramah Dan Group Discussion
Pemateri
17.00 – 17.15
Evaluasi
Penugasan
Fasilitator Kelas
17.15 – 18.00
MCK
-
Peserta
18.00 – 19.30
ISHOMA
Jama’ah
Imam Training (IM)
19.30 – 21.00
Kepemimpinan Pribadi
Ceramah Dan Group Discussion
Pemateri
21.00 – 21.30
Evaluasi
Penugasan
Fasilitator Kelas
21.30 – 23.00
Manajemen Qolbu
Ceramah dan Group Reflection
Pemateri
23.00 – 23.30
Evaluasi
Penugasan
Fasilitator Kelas
23.30 – 00.30
Visi Misi Hidup
Penugasan
MOT
00.30 – 02.30
Tidur Malam
-
Peserta
Hari 3 (Tanggal, 05 Juni 2016)
02.30 – 03.30
Tahajud
Jama’ah
Imam Training (IM)
03.30 – 05.30
Sholat dan Tadarrus
Jama’ah
Imam Training (IM)
05.30 – 06.30
Keakraban + Olahraga
Out bond
Fasilitator Lapangan
06.30 – 08.00
MCK dan Sarapan
-
Peserta
08.00 – 09.30
Studi Masalah
Case Study
Pemateri
09.30 – 10.00
Evaluasi
Penugasan
Fasilitator Kelas
10.00 – 12.00
Simulasi Moderator dan Simulasi Pemateri
Group Discussion
MOT
12.00 – 13.00
ISHOMA
Jama’ah
Peserta + IM
13.00 – 14.00
Simulasi Moderator dan Simulasi Pemateri
Group Discussion
MOT
14.00 - 15.00
Lagu – Lagu Perjuangan
Group Action
Fasilitator Ruangan
15.00 – 15.30
Sholat Ashar
Jama’ah
Peserta + IM
15.30 – 16.00
Rapat Rencana Tindak Lanjut
Group Discussion
Fasilitator Pendamping
16.00 – 16.30
Penutupan
-
All
Go Home .....

Lampiran 4
RANCANGAN ANGGARAN BELANJA
PELATIHAN KADER TARUNA MELATI (PKTM 1)
SMK MUHAMMADIYAH 2 KALIREJO
Tahun 2016
NO
URAIAN
VOLUME
HARGA SATUAN
JUMLAH
I.
KESEKRETARIATAN
1 Paket
Rp.
100.000,-
Rp.
100.000,-
II.
KONSUMSI
1.
Nasi Panitia + Fasilitator
25 Bungkus X 7 Kali
Rp.
10.000,-
Rp.
1.750.000,-
2.
Nasi Peserta
30 Bungkus X 7 Kali
Rp.
8.000,-
Rp.
1.680.000,-
3.
Air Mineral
5 Dus
Rp.
17.000,-
Rp.
85.000,-
4.
Snak Pembukaan
50 Kotak
Rp.
3.000,-
Rp.
150.000,-
TOTAL 1
Rp.
3.765.000,-
III.
PERLENGKAPAN
1.
Spanduk
1 Buah
Rp.
150.000,-
Rp.
150.000,-
2.
Pulsa
1 Paket
Rp.
50.000,-
Rp.
50.000,-
TOTAL 2
Rp.
200.000,-
IV.
INSENTIF
1.
Pemateri
9 Orang
Rp.
50.000,-
Rp.
450.000,-
2.
Sahadah dan Name Tag Peserta
30 Lembar
Rp.
5.000,-
Rp.
150.000,-
TOTAL 3
Rp.
600.000,-
V.
TRANSPORT
1 Paket
Rp.
50.000,-
Rp.
50.000,-
VI.
TAK TERDUGA
1 Paket
Rp.
35.000,-
Rp.
35.000,-
VII.
DOKUMENTASI
1 Paket
Rp.
50.000,-
Rp.
50.000,-
TOTAL 4
Rp.
135.000,-

JUMLAH TOTAL 1 SAMPAI 4
Rp.
4.700.000,-

PEMASUKAN DANA
Sumbangan Peserta PKTM 1 :
No
Peserta
Volume
Satuan
Jumlah
1.
Kas IPM
-
-
Rp.       500.000,-
2.
SWO Peserta
3 Sekolah
Rp.      50.000,-
Rp.       150.000,-
3.
SWP Peserta
15 Orang
Rp.      30.000,-
Rp.       450.000,-
Total
Rp.     1.100.000,-

Total Pemasukan PKTM 1 :
No
Uraian
Jumlah
1.
Total Pengeluaran
Rp.     4.700.000,-
2.
Kas IPM + SWO + SWP
Rp.      1.100.000,-
SEKOLAH
Rp.     3.600.000,-

Kalirejo, 16 Mei 2016
Panitia Pelaksana,
Ketua


ALLA UDIN FARIS AFIF
NBA. 08. 02. 36063
Bendahara


FICKY ARNANDA
NBA. 08. 02 36077


0 komentar: