Jumat, 15 Juli 2016

VAREABEL METODOLOGI PEMBELAJARAN

Pembelajaran merupakan suatu sistem lingkungan belajar yang terdiri dari komponen: tujuan, bahan pelajaran, strategi,alat,siswa dan guru. Sebagai suatu sisitem, kompnen-komponen tersebut berkaitan erat, saling mempengaruhi.

  1. TUJUAN BAHAN PEMBELAJARAN
Seperti telah anda ketahui bahwa tujuan pembelajaran menyangkut tiga kelompok perilaku, ialah pengetahuan, ketrampilan motorik dan sikap. Untuk masing-masing kelompok perilaku diperlukan penggunaan straegi belajar mengajar yang menekankan kepada strategi belajar mengajar tertentu.
Berdasarkan dengan ini Gagne (1988) mengelompokan kemampuan-kemampuan sebagai hasil belajar di dalam lima kelompok:

1.      Ktrampilan Intelektual
Ini merupakan ketrampilan fikiran, yang jika dihubungkan dengan pendapat Bloom termasuk ranah kognitif. Ketrampilan ini dibagi dalam beberapa tahapan

a)      Diskriminasi
Ini merupakan kemampuan membandingkan benda-benda scara fisik

b)      Konsep-Konsep Konkrit
Konsep ini menunjukan suatu sifat obyek atau atribut objek (umpamanya: warna, betuk, ukuran).

c)      Konsep Terdefinisi
Yaitu menjelaskan permasalahan dengan cara memberikan contoh atau mendemostrasikan atribut-atribut objek, peristiwa atau hubungan-hubungan.

d)     Aturan-Aturan
Seseorang telah dapat menggunakan aturan-aturan, apabila perilakuya atau ia melakukan pekerjaan telah sesuai dengan aturan perbuatan tersebut.

e)      Aturan-aturan tingkat tinggi
Merupakan aturan-aturan yang lebih kompleks dan untuk memecahkan masalah yang kompleks

2.                                                                              Strategi Kognitif
Strategi ini merupakan suatu kontrol, yaitu suatu proses internal yang digunakan seseorang untuk memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian belajar mengingat bab berfikir (Gagne,1985)

3.      Iformasi Verbal
yang termasuk informasi verbal adalah: label atau nama, fakta dan pengetahuan. Tujuan akhir pembelajaran informasi verbal ialah seseorang mengetahui (mampumengingatnya). Ini diperoleh dari pendengaran, memaca atau penglihatan.

4.                                                                              ketrampilan motorik
yang dimaksud dengan ketrampilan motorik tidak hanya mencakup kegiatan fisik, akan tetapi juga digabungkan dengan ketrampilan-ketrampilan intelektual. Contoh, pada saat siswa melakukan kegiatan olah raga, disamping kegiatan fisik yang terjadi juga fikiran mereka jalan.

5.      sikap
sikap(fektif) merupakan salah satu ranah prilaku manusia atau siswa yang merupakan bagian dari tujuan pendidikan yang tidak dapat dipisahkan dari ranah kognitif  dan pesikomotor

  1. SISWA
Tujuan yang harus dicapai dari proses pembelajaran ialah perubahan perilaku siswa. Oleh karna itu didalam memilih dan menggunakan strategi belajar mengajar, faktor siswa tidak boleh diabaikan.

  1. ALAT dan SUMBER
Alat yang menjadi pertingbangan kita didalam memilih dan menggunakan strategi belajar mengajar ialah alat-alat pelajaran, seperti alat-alat untu praktik.

  1. GURU

Kesiapan dan kemampuan guru juga harus menjadi pertimangan dalam menggunakan strategi belajar mengajar.

0 komentar: