Pembelajaran merupakan suatu sistem
lingkungan belajar yang terdiri dari komponen: tujuan, bahan pelajaran,
strategi,alat,siswa dan guru. Sebagai suatu sisitem, kompnen-komponen tersebut
berkaitan erat, saling mempengaruhi.
- TUJUAN BAHAN PEMBELAJARAN
Seperti telah anda
ketahui bahwa tujuan pembelajaran menyangkut tiga kelompok perilaku, ialah
pengetahuan, ketrampilan motorik dan sikap. Untuk masing-masing kelompok
perilaku diperlukan penggunaan straegi belajar mengajar yang menekankan kepada
strategi belajar mengajar tertentu.
Berdasarkan dengan ini Gagne (1988)
mengelompokan kemampuan-kemampuan sebagai hasil belajar di dalam lima kelompok:
1.
Ktrampilan Intelektual
Ini merupakan ketrampilan fikiran,
yang jika dihubungkan dengan pendapat Bloom termasuk ranah kognitif.
Ketrampilan ini dibagi dalam beberapa tahapan
a) Diskriminasi
Ini merupakan
kemampuan membandingkan benda-benda scara fisik
b) Konsep-Konsep Konkrit
Konsep ini menunjukan suatu sifat
obyek atau atribut objek (umpamanya: warna, betuk, ukuran).
c) Konsep Terdefinisi
Yaitu menjelaskan permasalahan dengan
cara memberikan contoh atau mendemostrasikan atribut-atribut objek, peristiwa
atau hubungan-hubungan.
d) Aturan-Aturan
Seseorang telah dapat menggunakan
aturan-aturan, apabila perilakuya atau ia melakukan pekerjaan telah sesuai
dengan aturan perbuatan tersebut.
e) Aturan-aturan tingkat tinggi
Merupakan aturan-aturan yang lebih
kompleks dan untuk memecahkan masalah yang kompleks
2.
Strategi Kognitif
Strategi ini
merupakan suatu kontrol, yaitu suatu proses internal yang digunakan seseorang
untuk memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian belajar mengingat bab
berfikir (Gagne,1985)
3.
Iformasi Verbal
yang termasuk
informasi verbal adalah: label atau nama, fakta dan pengetahuan. Tujuan akhir
pembelajaran informasi verbal ialah seseorang mengetahui (mampumengingatnya).
Ini diperoleh dari pendengaran, memaca atau penglihatan.
4.
ketrampilan motorik
yang dimaksud
dengan ketrampilan motorik tidak hanya mencakup kegiatan fisik, akan tetapi
juga digabungkan dengan ketrampilan-ketrampilan intelektual. Contoh, pada saat
siswa melakukan kegiatan olah raga, disamping kegiatan fisik yang terjadi juga
fikiran mereka jalan.
5.
sikap
sikap(fektif)
merupakan salah satu ranah prilaku manusia atau siswa yang merupakan bagian
dari tujuan pendidikan yang tidak dapat dipisahkan dari ranah kognitif dan pesikomotor
- SISWA
Tujuan yang harus dicapai dari proses
pembelajaran ialah perubahan perilaku siswa. Oleh karna itu didalam memilih dan
menggunakan strategi belajar mengajar, faktor siswa tidak boleh diabaikan.
- ALAT dan SUMBER
Alat yang menjadi pertingbangan kita
didalam memilih dan menggunakan strategi belajar mengajar ialah alat-alat
pelajaran, seperti alat-alat untu praktik.
- GURU
Kesiapan dan kemampuan guru juga harus
menjadi pertimangan dalam menggunakan strategi belajar mengajar.
0 komentar:
Posting Komentar